Selasa, 12 April 2011

Suku Balantak


Ada tiga hal yang menjadi titik tolak pemikiran tentang adanya kebudayaan Rumpun Pitu Bense Tompotika Pokokbondolong Suku Balantak dengan landasan pola piker dirangkum sebagai berikut  :
1.     Asal usul lahirnya Suku Balantak.
2.  Lahirnya kerajaan sebelum adanya penjajah dan lahirnya perlaawanan Rumpun Pitu Bense Suku Balantak terhadap penjajahan.
3.    Pendidikan dan kebudayaan
Adapun bahasa pengantar Rumpun Pitu Bense suku ini adalah Bahasa Balantak yang telah telah diteliti oleh MR. BOB ELEN yang berasal dari Negara KANADA bekerja sama dengan sala satu Perguruan Tinggi di Makasar. Penelitian beliau berlangsung selama 3 (tiga) tahun dan  domisili di Desa Nuhon berhasil mengungkap dan memproses dalam tiga bahasa sebanyak 10,000 aitem kata kata-kata lengkap dengan edionsnya tata bahasanya. Hasil berupa buku dan berhasil disampaikan di Makasar dan di Dovas Pilipina.

1 komentar:

  1. Diskusi yuukkk: Tanpa menghilangkan historisitas daerah kita... Apakah masih relevankah kata "Kabupaten Banggai" untuk menyebut kabupaten kita? Mengapa tidak Kabupaten Luwuk saja atau Kabupaten Saluan-Balantak??? Fakta membuktikan bahwa suku asli Luwuk yang adalah wilayah Kab. Banggai adalah Suku Saluan dan Balantak sementara suku Banggai sudah terpisah dari kabupaten kita... kita bukanlah orang BANGGAI tetapi orang Balantak... Komentar anda?

    BalasHapus